CARA UPGRADE CFW PSP 5.50 GEN D3 KE 6.60 PRO B10

Langkah-langkah Upgrade CFW PSP 5.50 Gen D3 ke 6.60 Pro B10


PSP sebagai gadget game pernah mengalami booming pada masanya. Tetapi perlahan pamor psp sebagai konsol game mulai terkikis dengan kehadiran ponsel yang makin lama makin canggih. Terlebih sekarang ini dengan munculnya android, psp sudah mulai ditinggalkan.

Tetapi sejujurnya psp sebagai konsol game masih sangat enak untuk dimainkan. Dengan layar tajam yang no lag, tombol-tombol nya yang mantap dan salah satu keunggulannya adalah tahan banting.
Saya punya psp dengan tipe PSP 2006. Ringan dan nyaman untuk dimainkan. Tidak membuat pergelangan tangan cepat pegal.

upgrade psp

Tetapi berhubung karena sudah termasuk model lama maka ada beberapa game baru (menurut saya) tidak bisa dimainkan di psp tersebut. Terakhir Firmware psp saya adalah 5.50 Gen D3. Kebetulan ponakan saya dari Bandung datang dengan membawa psp vista nya. Kesempatan buat menambah koleski game saya. Hehehe. Setelah di copy ternyata beberapa game tidak bisa dibuka bahkan tidak muncul di Memory Stick tempat penyimpanan game psp. Untuk itu saya berjibaku untuk mengupgrade firmware psp saya ke cfw yang terbaru. Pilihan jatuh ke cfw 6.60 PRO B10.

Secara garis besar begini langkah-langkah yang harus ditempuh:


CFW 5.50 gen d3 > OFW 5.50 > OFW 6.60 > CFW 6.60 PRO B10

Baiklah berikut saya jabarkan cara-cara yang telah saya lakukan untuk mengupgrade cfw psp tersebut.

  1. Karena sobat memiliki custom firmware (CFW) maka sobat harus mengembalikan firmware ke original yaitu 5.50. Silakan download disini jika belum punya. Ekstrak file tersebut. 
  2. Copykan file EBOOT.PBP  ke memory stick di folder PSP/GAME/UPDATE. Jika belum ada folder tersebut bisa sobat buat sendiri.
  3. Copykan file 550 ke root memory stick 
  4. Jalankan updater firmware seperti ketika hendak main game di psp. Setelah menu updatenya muncul pilih INSTALL OFW 5.50.  Ingat !!! Yang dipilih adalah INSTAL OFW 5.50.
  5. Sampai disini psp sobat telah menjadi OFW 5.50
  6. Sekarang saatnya upgrade ke OFW 6.60. Hubungkan kembali psp ke komputer. Download dulu disini jika belum punya. Ekstrak dan copykan file EBOOT.PBP ke memory stick di folder PSP/GAME/UPDATE. Eksekusi updater ini seperti main game di psp.
  7. Sampai disini psp sobat sudah OFW 6.60.
  8. Langkah selanjutnya adalah mengupgrade dari OFW 6.60 ke 6.60 PRO B10.
  9. Download dulu file yang diperlukan disini. Ekstrak file yang telah di download tersebut
  10. Copy kan folder PROUPDATE dan Fast Recovery  ke memory stick di folder PSP/GAME
  11. Eksekusi PROUPDATE seperti hendak main game
  12. Sampai disini psp sobat telah  memiliki CFW 6.60 PRO B10.  Sobat boleh berhenti sampai disini tetapi apabila sobat mencabut batere psp maka firmware akan kembali ke OFW 6.60

Langkah tambahan.
Disini kita perlu mengetahui tipe motherboard psp. Caranya bisa sobat baca disini. Langkah ini hanya diperlukan bila motherboard psp sobat bukan TA-088v2. Jika psp sobat adalah TA-088v3 sobat tidak perlu melakukan langkah tambahan ini.

Copykan folder CIPL_FLASHER yang terdapat dalam archive 6.60 PRO B10. Eksekusi seperti hendak main game.

Setelah semuanya selesai, psp sobat telah memiliki CFW 6.60 PRO B10 dan semua game yang terbaru bisa dimainkan di psp sobat.

Silakan meninggalkan koment jika ada yang hendak ditanya atau kurang jelas. 











Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA UPGRADE CFW PSP 5.50 GEN D3 KE 6.60 PRO B10"

Post a Comment