CARA GAMPANG SETING IP DINAMIS

Halo sob..

Kali ini saya akan share gimana caranya agar pc atau laptop sobat bisa mendapatkan ip address secara otomatis. Mungkin banyak diantara kita yang masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan ip address itu. 

Menurut wikipedia  yang dimaksud dengan Internet Protocol Address atau sering disingkat IP adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit (untuk IPv4 atau IP versi 4), dan 128 bit (untuk IPv6 atau IP versi 6) yang menunjukkan alamat dari komputer tersebut pada jaringan Internet berbasis TCP/IP.

Ketika mengakses suatu internet atau terhubung dengan suatu jaringan, tentu saja komputer sobat dapat diakses oleh orang lain. Sehingga dalam internet, setiap komputer memiliki identifikasi unik yang disebut dengan IP address. IP address pemakai internet sebagian besar menggunakan IP dinamis, dimana dapat berubah-rubah setiap kali melakukan koneksi kedalam internet.

Jadi secara singkat bisa disimpulkan bahwa ip address itu merupakan identitas numerik yang diberikan kepada suatu perangkat seperti komputer, router atau printer yang terhubung dalam suatu jaringan yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

Secara umum ada dua fungsi dari ip address:
  1. IP Address berfungsi sebagai alat identifikasi antarmuka pada jaringan Fungsi ini seperti nama orang sebagai alat untuk mengenali siapa orang tersebut. Begitu juga dalam jaringan sebuah komputer perlu dikenali oleh jaringan
  2. IP Address sebagai alamat lokasi jaringan. Dapat diilustrasikan seperti alamat rumah kita yang menunjukkan lokasi kita berada. Agar informasi yang kita minta di internet bisa sampai ke kita maka perlu alamat yang jelas agar paket data tersebut dapat smpai ke komputer kita.
 Baiklah cukup demikian penjelasan dan fungsi dari ip address itu.

Cara menseting pc agar mendapatkan ip address secara otomatis.

Klik icon wifi yang berada dipojok kanan bawah.

klik icon wifi di pojok kanan bawah

Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah. Kemudian klik properties

klik properties

Dobel klik di Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)



Klik di optain an IP address automatically dan optain DNS server address automatically dan OK kan



Gampang kan sob,
Apa bedanya antara menentukan ip sendiri (use the following IP address) dengan ip dinamis (obtain an IP address automatically) ??

Nantikan artikel berikutnya..

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA GAMPANG SETING IP DINAMIS"

Post a Comment